1.
Pengertian
Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
Perdagangan elektronik atau E-dagang atau E-commerce adalah
penjualan, pemasaran, perniagaan barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet, fasilitas web internet atau jaringan
komputer lainnya. Pada e-commerce terjadi perubahan cara atau mekanisme transaksi
yang pada awalnya dilakukan secara transaksi dengan menggunakan kertas sekarang
menjadi transaksi yang berdasarkan komunikasi elektonik (online). E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business,
di mana e-business itu cakupannya lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan
tetapi mencakup juga penggabungan mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. E-commerce sebagai keseluruhan transaksi melibatkan
transfer informasi, produk, jasa serta pembayaran melalui jaringan elektronik
sebagai medianya. Selain teknologi jaringan e-commerce
juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases),
surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce. Contoh e-commerce adalah tokobagus.com ,lazada.co.id ,plasa.com,
amazon.com, bhinneka.com dll.
2.
Kelebihan
dan Kekurangan E-Commerce
ð Kelebihan
-
Fasilitas
iklan dan promosi yang interaktif
-
Jangkauan luas dan mendunia
- Relatif murah
- Lebih efisien dibandingkan melalui televisi
,radio ,koran dan majalah
ð Kekurangan
-
Konsumen yang terbatas menggunakan internet,
walaupun jumlahnya berkembang pesat
tapi masih sedikit pengguna internet di Indonesia yang
menggunakan internet untuk keperluan
jual/beli.
- Pebisnis online harus memiliki kemampuan
berpromosi yang efektif
- Promosinya membutuhkan waktu lama
- Membutuhkan tenaga/pikiran dan biaya yang
tidak sedikit.
3.
Komponen
– komponen E-Commerce
a.
Adanya masyarakat
pengguna teknologi informasi
b.
Adanya fasilitas sistem
informasi (internet)
c.
Adanya fasilitas
penyediaan pelayanan barang/ jasa yang di perdagangkan secara online
d.
Adanya fasilitas
sistem untuk proses transaksi keuangan
4.
Faktor
Kunci Sukses E-Commerce
Faktor kunci sukses
e-commerce yaitu e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekuatan produk saja, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus,
struktur organisasi bisnis yang baik, desain situs web yang bagus, dan juga
beberapa faktor lain yaitu :
1.
Menyediakan
harga yang relatif (yang kompetitif)
2.
Menyediakan
jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah
3.
Menyediakan
informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas
4.
Menyediakan
banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon
5.
Memberikan
perhatian khusus seperti usulan pembelian
6.
Menyediakan
rasa komunitas untuk berdiskusi (kotak saran)
* Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar