1. Buka open office
2. Siapkan surat yang sudah dibuat di open office
3. Pilih menu tools, lalu pilih "Mail Merge Wizard"
4. Pada step pertama kita pilih "Use the current document" lalu next
5. Pada step kedua pilih "Letter" lalu klik "Next"
6. Pada step ketiga pilih "Select Different Address List"
7. Lalu akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini. Klik "Create" lalu "Ok"
8. Selanjutnya akan muncul dialog box baru seperti gambar dibawah ini. Disini saya menginput data First
name, Address line 1, City, dan Email. Lalu klik "New"
9. Lakukan hal seperti itu sampai tiga kali lalu klik "Ok"
10. Setelah itu muncul dialog box save, beri nama lalu "Save"
11. Secara otomatis kita akan kembali ke kotak dialog box sebelumnya pilih "data" lalu "Ok"
12. Pada step ketiga kita beri checklist pada tanda yang sudah saya kotakkan. Lalu pilih "More"
13. Selanjutnya akan muncul dialog box baru, lalu masukkan element "First name dan Address list" dengan
anak panah dan atur posisinya dengan anak panah. Jika sudah klik "ok".
14. Pada kotak dialog box ini klik "ok"
15. Lalu kita kembali pada step ketiga, beri tanda checklist pada tanda yang sudah saya kotakkan. Lalu klik
"Next"
16. Selanjutnya atur posisi dengan menambah atau mengurangi ukuran di "from top" (ex: 3,14) lalu "Next"
17. Pada step keenam klik "Next"
18. Lalu kita kembali pada step ketujuh, klik "Edit individual document"
19. Selnjutnya akan otomatis muncul penerima, atur posisi yang anda minat (ex: yang dikotakkan)
20. Kita klik "return mail merge wizard"
21. Pada step ketujuh klik "Next"
22. Pada step kedelapan pilih yang anda mau (disini saya memilih save) pilih "Save starting document" lalu
klik "finish"
23. Akhirnya mail merge telah selesai dengan 3 penerima sekaligus:)
Selamat Mencoba:)))
0 komentar:
Posting Komentar