Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang pengetahuan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain lain.
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian berubah menjadi keinginan manusia.Proses dalam pemenuhan kebutuhan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk, penetapan harga, pengeriman barang, dan mempromosikan barang. Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar.
2. Jenis-jenis Pasar
- Dilihat dari segi fisik pasar dapat digolonkan menjadi :
a. Pasar nyata : Pasar yang pembeli dan penjualnya dapat bertemu langsung pada suatu tempat
tertentu
b. Pasar abstrak : Pasar yang pembeli dan penjualnya tidak harus bertemu disuatu tempat, tetapi
dapat bertemu ditempat yang sudah di sepakati
- Dilihat dari segi barang yang di jual belikan
a. Pasar barang konsumen : Pasar yang barangnya dapat langsung di gunakan untuk memenuhi kebutuhan
manusia (konsumen)
b b. Pasar faktor produksi : Pasar yang memperjual belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran
produksi. Contohnya pasar tenaga kerja.
- Dilihat dari segi luas kegiatan distribusi
a. Pasar lokal : Pasar yang pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebu. Contohnya pasar
geplak di daerah bantul.
b. Pasar nasional : Pasar yang pemasarannya meliputi seluruh dearah dalam suatu Negara.
c. Pasar internasional : Pasar yang jangkauanya melebihi dari satu Negara
a
- Dilihat dari segi waktu kejadian
a. Pasar harian : Pasar yang terjadi tiap hari
b. Pasar mingguan : Pasar yang terjadi kurang lebih seminggu satu kali
c. Pasar bulanan : Pasar yang terjadi kurang lebih sebulan satu kali
d. Pasar tahunan : Pasar yang terjadi kurang lebih setahun sekali
3. Konsep inti pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pmuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
4. Manajemen Pasar
Keadaan permintaan dan tugas pasar :
a. Permintaan negatif
b. Tidak ada permintaan
c. Permintaan terpendam
d. Permintaan menurun
e. Permintaan yang tak beraturan
f. Permintaan penuh
g. Permintaan yang berlebihan
h. Permintaan yang tidak sehat
5. Bauran Pemasaran
a. Product (produk)
b. Price (harga)
c. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
d. Promotion (promosi)
Keadaan permintaan dan tugas pasar :
a. Permintaan negatif
b. Tidak ada permintaan
c. Permintaan terpendam
d. Permintaan menurun
e. Permintaan yang tak beraturan
f. Permintaan penuh
g. Permintaan yang berlebihan
h. Permintaan yang tidak sehat
5. Bauran Pemasaran
a. Product (produk)
b. Price (harga)
c. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
d. Promotion (promosi)
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
6. Tujuan Sistem Pemasaran
a. Memaksimalkan konsumsi
b. Memaksimalkan kepuasan konsumen
c. Memaksimalkan kualitas hidup
7. Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
Tujuan sistem pemasaran yaitu : memaksimumkan mutu hidup termasuk yang ada didalamnya yaitu : kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur. Pendekatan dalam mempelajari pemasaran yaitu pendekatan seba fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading. Pendekatan serba lembaga dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb. Pendekatan serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) yaitu studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri. Pendekatan serba manajemen dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba sistem menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://www.pemasaran-abdulgofur.blogspot.com/
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
http://www.pemasaran-abdulgofur.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar